Sekuritas, Asuransi, dan Dana Pensiun Indonesia Tumbuh Pesat

Kompas.com - 01/11/2018, 05:16 WIB
Ilustrasi asuransi dan keuangan Thinkstock/NastcoIlustrasi asuransi dan keuangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Laporan kesejahteraan global Allianz tahun 2017 menunjukkan bahwa pertumbuhan aset keuangan global meningkat hingga 7,7 persen. Salah satu negara yang mengalami pertumbuhan pesat yakni Indonesia yang didongkrak oleh sekuritas, asuransi, dan dana pensiun.

Pada 2017, pertumbuhan aset finansial sektor swasta di Indonesia meningkat 10,9 persen. Tahun sebelumnya, peningkatannya hanya 9,9 persen.

Adapun penggerak pertumbuhannya adalah sekuritas sebesar 28,2 persen. Hal ini mencerminkan perkembangan positif pasar saham Indonesia.

Kemudian diikuti oleh asuransi dan dana pensiun yang tumbuh 23,5 persen.

“Meskipun pertumbuhan aset rumah tangga meningkat, namun penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah," ujar Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia dalam keterangan tertulis, Rabu (31/10/2018).

Baca juga: Asuransi Jiwa Sudah Dianggap Penting dan Perlu

Louwerier memastikan Allianz Indonesia selalu menyediakan solusi asuransi untuk semua segmen masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan untuk melindungi lebih banyak orang,” kata dia.

Louwerier mengatakan, deposito tetap menjadi kelas aset yang paling diminati, dengan persentase sebesar 67,3 persen. Hal ini didasari fakta bahwa sebagian besar penduduk masih belum memiliki atau mempunyai akses yang terbatas kepada jenis layanan dan produk keuangan lain yang lebih luas.

Meski pertumbuhan kredit meningkat menjadi 9 persen pada 2017, posisi rasio utang terhadap PDB tetap stabil di angka 16,2 persen. Angka tersebut salah satu yang terendah di antara negara-negara Asia lain yang dianalisa.

Baca juga: Sri Mulyani Ajak Generasi Milenial Ikut Dana Pensiun

Aset finansial per kapita (net) berada di posisi 650 euro menempatkan Indonesia di peringkat ke-52 dalam daftar negara terkaya di seluruh dunia, satu peringkat di atas Ukraina.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.