Kemenhub Minta Aplikator Taksi Online Patuhi Tarif yang Ditentukan

Kompas.com - 07/11/2018, 15:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi meminta aplikator taksi online menaati peraturan yang mengatur soal tarif batas atas dan tarif batas bawah.

Aturan itu sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 108 tahun 2017 yang menetapkan tarif batas atas angkutan online sebesar Rp 6.500 dan batas bawah Rp 3.000.

"Masalah tarif, kita sudah keluarkan peraturan, kenyataannya mereka masih bermain karena persaingan ketat. Kita harapkan mereka harus ikuti aturan yang ada," ujar Budi di kantornya, Rabu (7/11/2018).

Budi menambahkan, pihaknya akan memberi teguran kepada operator yang masih memberlakukan tarif di bawah aturan yang berlaku.

Baca juga: Kemenhub: Aturan Baru Taksi Online Akan Terbit 20 November

"Kalau tidak ikuti (aturan), kita akan buat surat peringatan," kata Budi.

Mengenai masalah suspend kepada pengemudi, Budi meminta pihak aplikator bisa berkomunikasi terlebih dahulu. Dia meminta hal tersebut dilakukan tidak sepihak.

"Suspend jangan sepihak, minmal kode etiknya disampaikan, berikutnya adalah ketika pemutusan ada komunikasi yang baik. Kita akan mengarahkan demikian," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.