Rekayasa di Tol Jakarta-Cikampek, Cermati Hal-Hal Penting Ini

Kompas.com - 15/11/2018, 11:30 WIB
Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan sejumlah pihak terkait sepakat akan melakukan rekayasa lalu lintas dan tindakan lebih tegas di Tol Jakarta-Cikampek.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, hal itu dilakukan dalam upaya menangani kemacetan parah di tol tersebut.

Seperti diketahui, kemacetan parah di Tol Jakarta-Cikampek terjadi akibat adanya pembangunan proyek strategis nasional seperti pembangunan tol layang (elevated), Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, dan LRT Jabodebek.

"Berdasarkan kesepakatan bersama Kemenhub, Korlantas Polri, KemenPUPR, BPJT, BPTJ, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mengurai kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Berikut hal-hal penting yang perlu dicermati:

1. Alternatif Kalimalang

Jalan tol bukan jalan satu-satunya akses Jakarta - Cikampek. Masih ada jalan negara Bekasi-Karawang, dan Jalan Kalimalang yang bisa dioptimalkan.

"Kalau jalan tol padat, di pintu tol Tambun akan ada petugas yang mengalihkan kendaraan pribadi untuk lewat Jalan Kalimalang," kata Budi.

2. Perhatikan Lajur

Rekayasa lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek, akan diatur sebagai berikut: Lajur 1 dan 2 digunakan untuk mobil barang (golongan III-IV);

Sementara kajur 3 dan 4 digunakan untuk kendaraan (golongan I-II). Rambu himbauan juga akan diubah menjadi rambu larangan.

“Kendaraan barang golongan III-V, yang overload, berjalan lambat, harus masuk lajur 1 dan 2. Nanti akan diberi rambu oleh PT Jasamarga,” kata Dirjen Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X