Kompas.com - 20/12/2018, 12:03 WIB
Kantor pusat Bank Muamalat di Jakarta. KOMPAS/PRIYOMBODOKantor pusat Bank Muamalat di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan merasa harus lebih selektif dan berahtihati dalam menentukan calon investor Bank Muamalat.

Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan, OJK menginginkan investor yang berminat harus bisa membuat Bank Muamalat memiliki permodalan kuat dan kredibel. Sehingga nantinya, setiap keputusan yang diambil bisa dipertanggung jawabkan.

"Muamalat itu kita perlu lebih hati-hati... Yang ingin masuk banyak. Tapi OJK perlu pilih," ujar Heru ketika memberikan kepada awak media di kawasan gedung Bank Indonesia (BI), Rabu (19/12/2018).

Heru menyatakan, seharusnya, pihak yang nanti menjadi investor bisa membawa Bank Muamalat menjadi banyak syariah yang besar, serta tumbuh setara dengan bank konvensional.

"Kalau sekadar gitu-gitu aja, nanti dulu, kami cari yang kuat," jelas Heru.

Sementara mengenai konsorsium yang diusung Ilham Habibie CS, sebelumnya telah dipilih oleh pemegang saham menjadi pemegang kendali di PT Bank Muamalat Tbk pada Rapat Umum Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Investor pimpinan Iham Habibie akan menyuntikkan modal sebanyak Rp 2 triliun melalui mekanisme right issue dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Dengan demikian, Ilham Habibie cs memegang 60 persen kepemilikan saham di bank syariah tertua di Indonesia itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

OJK pun saat ini tengah menilai kinerja dari konsorsium tersebut, apakah mereka mampu membawa Bank Muamalat bisa bersaing dengan bank konvensional.

"Kita lagi nilai apa mereka menepati janji jangka panjang akan bsia membawa bank ini besar. Saya nggak mau gitu-gitu aja sekadar masuk tapi nggak bisa bersaing dengan bank konvensional," ujar Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.