Jawab dengan Jujur: Seberapa Puas Anda dengan Pekerjaan Saat Ini?

Kompas.com - 22/12/2018, 09:30 WIB
Ilustrasi pekerja THINKSTOCKS/ASKOLD ROMANOVIlustrasi pekerja

KOMPAS.com - Tak sedikit, tingkat loyalitas karyawan terhadap perusahaan perlahan-lahan semakin menurun. Apakah Anda salah satunya?

Menurut studi di Amerika, 51 persen karyawan memiliki tingkat engagement yang tidak baik dengan perusahaan lama. Akibatnya mereka sering keluar masuk perusahaan untuk mendapatkan satu perusahaan yang benar-benar sesuai dengan kriterianya.

Padahal rekrutmen karyawan menghabiskan dana yang cukup besar. Bayangkan jika perusahaan melakukan rekrutmen kerja dua hingga tiga kali dalam setahun.

Betah atau tidaknya karyawan di perusahaan disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya karena adanya ketidaksesuaian antara gaji dan effort bekerja.

Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan Anda dalam bekerja saat, coba jawab beberapa pertanyaan di bawah ini dengan jujur seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Apakah Perusahaan Sudah Transparan?

Transparan di sini bukan sekadar kegiatan operasional saja, tetapi juga kondisi keuangan di perusahaan. Meskipun karyawan tidak seutuhnya berhak atas informasi mengenai keuangan, karyawan perlu tahu sedikit tidaknya mengenai arus penggunaan kas perusahaan.

Apabila suatu hari perusahaan mengalami goncangan keuangan dan dikabarkan tidak bisa bertahan, karyawan dapat mencari pekerjaan lain untuk mengantisipasi adanya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dari perusahaan.

Pertanyaan seputar kinerja perusahaan bisa ditanyakan di sela-sela rapat kerja. Sampaikan dengan cara yang sopan untuk menghindari kesan “sok” di depan rekan kerja yang lain.

2. Apa Target yang Ingin Dicapai Tahun Depan?

Setiap orang memiliki tujuan yang ingin dicapai. Itulah kenapa seseorang rela bekerja dari pagi hingga malam untuk mengais rupiah demi mewujudkan keinginan yang sudah lama terpendam.

Setelah keinginan itu tercapai, apa keinginan lain yang ingin dicapai tahun depan? Jika Anda tidak memiliki target, Anda akan kesulitan menjawab pertanyaan ini.

Akibatnya, semangat kerja makin lama semakin menurun. Sehingga produktivitas kerja akan mati dan perkembangan karier menjadi terhambat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X