Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Bappenas Minta Pejabat KNKS Langsung Kerja "Full" Usai Dilantik

Kompas.com - 03/01/2019, 13:38 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro meminta para pejabat Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang baru dilantik segera bekerja.

"Hari pertama saya harapkan Bapak-bapak langsung bekerja full," kata Bambang di Bappenas, Jakarta, Rabu (3/1/2019).

Para pejabat yang dilantik terdiri dari satu direktur eksekutif dan lima orang direktur.

Kendati demikian, Bambang mengakui proses pelantikan pejabat KNKS ini molor dari waktu yang telah ditentukan karena ada beberapa sebab. Meski demikian, keterlambatan ini tak menjadi alasan untuk tidak berbuat memperbaiki ekonomi Indonesia di sektor keuangan syariah dan industri halal.

Baca juga: Kepala Bappenas Lantik Pejabat Komite Nasional Keuangan Syariah

"KNKS lebih bersifat fasilitator yang mendorong perpecepatan pengembangan sektor keuangan syariah dan industri halal. Itu bisa dilakukan kalau tugas dijalankan dengan baik dengan semua stakeholder relevan," tambahnya.

Pemerintah telah membentuk KNKS melalui Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah. Para pejabat terpilih telah melalui proses seleksi yang terbuka selama Oktober-Desember 2018 lalu.

Baca juga: Ingin Jadi Pusat Ekonomi Syariah Global, Ini PR Indonesia

Adapun pejabat yang dilantik di antaranya Ventje Rahardjo Soedigno sebagai Direktur Eksekutif, Taufiq Hidayat sebagai Direktur Bidang Hukum dan Standar Pengelolaan Keuangan Syariah, serta Ronald Rulindo sebagai Direktur Bidang lnovasi Produk, Pendalaman Pasar, dan Pengembangan Infrastruktur Sistem Keuangan Syariah.

Kemudian, Ahmad Juwaini sebagai Direktur Bidang Keuangan Inklusif, Dana Sosial Keagamaan, dan Keuangan Mikro Syariah, Sutan Emir Hidayat sebagai Direktur Bidang Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah, dan Afdhal Aliasar sebagai Direktur Bidang Promosi dan Hubungan Eksternal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com