Bukalapak dan Pemprov Bangka Belitung Dorong Pelaku UMKM "Go Digital"

Kompas.com - 18/01/2019, 14:55 WIB
Muhamad Fajrin Rasyid, Presiden Bukalapak.
KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiMuhamad Fajrin Rasyid, Presiden Bukalapak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce Bukalapak dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung sepakat bekerja sama untuk mengembangkan potensi usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM). Kedua belah pihak telah meneken nota kesepakatan ini kemarin.

Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan potensi UMKM yang ada di Indonesia.

"Kali ini bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kami berharap dapat 'menaikkelaskan' para pelaku usaha dan penetrasi digital di kalangan masyarakat Kepulauan Bangka Belitung akan semakin menyeluruh. Kami juga akan mewujudkan Digital Province dalam berbagai aspek di pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Fajrin dalam kerangan resminya dikutip Kompas.com, Jumat (18/1/2019).

Fajrin mengatakan, saat ini di Kepulauan Bangka Belitung terdapat 200.000 lebih pelaku UMKM dan 6.000 di antaranya sudah bergabung dengan Bukalapak. Kemudian, ratusan pengusaha warung tradisional telah mendaftarkan warung mereka menjadi bagian dari mitra Bukalapak.

Baca juga: Bukalapak Investasi Rp 1 Triliun untuk Kembangkan Warung Mitra

"Jumlah pelapak dan mitra Bukalapak ini akan terus ditingkatkan dengan melakukan edukasi kepada para pelaku UMKM. Berbagai manfaat menjalankan bisnis secara online akan dibagikan melalui kegiatan pendampingan yang akan dilakukan oleh Bukalapak," ujarnya.

Fajrin menuturkan, para pelapak Kepulauan Bangka Belitung diharapkan bisa menjadi penggerak ekonomi daerah setempat sekaligus memperkenalkan produk komoditas unggulan daerah, seperti lada putih kepada masyarakat Indonesia lebih meluas.

"Komunitas Bukalapak saat ini juga telah hadir di Kepulauan Bangka Belitung, juga dapat dimanfaatkan oleh para pelapak untuk berinteraksi dan berdiskusi bagaimana meningkatkan kapasitas diri mereka dalam berbisnis di Bukalapak," lanjutnya.

Bukalapak, lanjut Fajrin, akan memfasilitasi para pelaku usaha dengan mengadakan berbagai kegiatan yang akan menambah kapasitas mereka dalam mengoptimalkan pemasaran barang mereka berbasis online di Bukalapak. Bukalapak juga melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha melalui pelatihan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Harbolnas 2018, Bukalapak Dorong UKM untuk Naik Kelas

Selain itu, Bukalapak juga akan menyediakan halaman khusus untuk pelapak di Kepulauan Bangka Belitung pada situs Bukalapak.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X