Simak, Ini 7 Cara Jadi Pemimpin yang Efektif

Kompas.com - 04/02/2019, 15:52 WIB
Ilustrasi bekerja dengan gembira plustwentysevenIlustrasi bekerja dengan gembira

KOMPAS.com - Menjadi pemimpin yang baik berarti bisa menyatukan etos kerja dengan orang-orang yang dipimpinnya.

Dikutip dari CNBC Make It, Senin (4/2/2019), pemimpin yang paling efektif adalah pemimpin yang bisa merefleksikan serta mengaplikasikan prinsip-prinsip yang bisa membuat kinerja tim menjadi lebih baik.

Memang, menjadi pemimpin adalah pekerjaan yang sulit. Apalagi jika Anda baru menduduki posisi pemimpin untuk pertama kalinya.

Baca juga: 4 Kunci Menjadi Pemimpin Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

Berikut adalah 7 hal penting yang harus diaplikasikan agar Anda bisa menjadi pemimpin yang efektif.

1. Melihat dan mendengar

Ketika Anda baru saja menduduki posisi sebagai seorang pemimpin, beri waktu sejenak untuk mengamati kondisi di sekitar Anda dan kenali lingkungan Anda.

Apakah hal yang paling diprioritaskan oleh tim yang akan Anda pimpin serta hal apa yang paling sering dilakukan oleh anggota tim Anda hingga menguras waktu?

Dengan demikan, Anda bisa menjadwalkan pertemuan tatap muka dengan masing-masing anggota tim. Pertemuan tatap muka bisa membuat Anda mengetahui banyak informasi sembali membangun visi serta arah dari kepemimpinan organisasional yang diinginkan.

2. Ikatan emosional

Pemimpin yang dihormati akan membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja serta anggota timnya. Tanyakan soal keluarga dari orang-orang yang bekerja dengan Anda, namun hati-hati agar tidak membahas hal-hal yang bersifat terlalu personal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X