Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merkel: Uni Eropa akan Lawan AS soal Tarif Impor

Kompas.com - 11/06/2018, 09:40 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Reuters

BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan, Uni Eropa (UE) akan menerapkan langkah-langkah balasan untuk melawan pemberlakuan tarif impor untuk baja dan alumunium oleh Amerika Serikat (AS).

Dia mengaku kecewa dengan keputusan mendadak Presiden AS Donald Trump yang menarik dukungannya untuk menjalankan dialog dengan negara G7 di Kanada.

Trump  pergi lebih awal dari pertemuan G7 tersebut dan mengumumkan melalui Twitter bahwa alasan kemunduran dia karena rapuhnya konsensus untuk mengatasi permasalahan perdagangan antara AS dan para sekutunya itu.

"Kemundurannya yang dia ungkapkan melalui Twitter ini, menyadarkan sekaligus menyedihkan," ujar Merkel dalam sebuah wawancara di televisi, dikutip melalui Reuters.com, pada Minggu (10/6/2018).

Baca juga: Isu Perang Dagang, Menkeu AS Pertimbangkan ke China

Hal itu sebut Merkel, tidak berarti membuat AS dan Eropa memutuskan hubungan kerja sama. Hanya saja lanjut dia, UE tidak lagi bisa mengandalkan sekutunya itu dan harus bisa memutuskan nasibnya sendiri.

Merkel menyebutkan, UE sedang menyiapkan langkah-langkah balasan yang sesuai aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk melawan tarif impor baja dan alumunium oleh AS.

"Kami tidak akan membiarkan diri kami terus menerus dihancurkan. Kami juga bisa melawan," ujarnya.

Merkel mengatakan, para pemimpin G7 telah sepakat untuk meninjau hubungan perdagangan dan mengkaji kembali terkait tarif yang ada untuk menghindari berbagai hambatan perdagangan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com