Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei BI: Optimisme Konsumen Terjaga pada Januari 2019

Kompas.com - 06/02/2019, 19:26 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga pada Januari 2019. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Januari 2019 tetap berada level optimis (di atas 100 poin), yakni sebesar 125,5.

Namun, angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan angka IKK pada Desember 2018 yang sebesar 127 poin.

"Optimisme konsumen tetap terjaga ditopang oleh persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan," sebut bank sentral dalam keterangan tertulis di laman resminya, Rabu (6/2/2019).

Baca juga: BI: Optimisme Konsumen Terus Menguat

Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tercermin pada Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini sebesar 110,3 dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) sebesar 140,6.

Akan tetapi, optimisme tersebut menurun jika dibandingkan dengan tingkat optimisme bulan sebelumnya.

"Hal ini terjadi akibat kenaikan penghasilan yang tidak setinggi bulan sebelumnya dan berkurangnya keyakinan konsumen untuk membeli barang tahan lama," tulis BI.

Baca juga: BI: November 2018, Optimisme Konsumen Meningkat

Konsumen pun memperkirakan akan terjadinya perlambatan kenaikan penghasilan pada enam bulan mendatang.

Walaupun demikian, hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada tiga bulan mendatang (hingga April 2019) akan menurun. Perkiraan penurunan tekanan harga terutama didorong oleh pasokan barnag yang mencukupi dan distribusi barang yang semakin lancar.

Sementara itu, konsumen juga memperkirakan adanya penurunan tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Juli 2019) seiring dengan terjaganya pasokan barang dan telah berlalunya periode Idul Fitri 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com