Tahun 2020 Ditargetkan 80 Persen Produk UMKM Kuasai Pasar E-commerce

Kompas.com - 02/10/2017, 22:00 WIB
Belanja online grinvaldsBelanja online
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Komenterian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Septiana Tangkari menargetkan pada tahun 2020 mendatang produk Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) mampu bersaing dengan produk luar negeri.

"Saat ini di marketplace, 60 persen produk luar, jadi produk lokal hanya 40 persen. Targetnya 80 persen (2020)," ujar Septiana saat konfrensi pers ajang kompetisi bagi para UMKM The Big Start Indonesia season 2 dari Blibli.com di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin (2/10/2017).

Menurutnya, potensi berbagai produk UMKM untuk dikembangkan masih besar, karena UMKM di Indonesia sendiri jumlahnya mencapai 59 juta

"Kami memang bersinergi untuk peningkatan e-commerce Indonesia, kami mengajak teman-teman yang bergerak di marketplace untuk menggerakkan UMKM. Bagaimana cara untuk merajai produk-produk di Indonesia," ungkapnya.

(Baca: Logistik, Tantangan Berat Bagi Pelaku Bisnis E-commerce di Indonesia)

Sementara itu, salah satu e-commerce dalam negeri yang tengah fokus membangun produk-produk dalam negeri yaitu Blibli.com menargetkan pada 2020 mendatang produk UMKM lokal bisa mencapai 30 hingga 40 persen.

"Dari 25.000 partner, UKM-nya antara 500 sampai 1.000. Kan kecil, tapi ini bertambah terus. Tapi ini fleksibel. Saya bilang masih kecil, sekitar 5-6 persen," jelas CEO Blibli.com Kusumo Martanto.

Menurutnya, dalam membangun produk UMKM dalam negeri agar bersaing dan memiliki nilai jual perlu usaha yang lebih keras dibandingkan dengan mengimpor barang dari negara lain.

"Kami mau sebagai salah satu pemain besar di Indonesia, kami mau bikin UMKM juga ikut dibesarkan. Lebih susah daripada mengambil barang impor? Ya lebih susah. Kalau saya kepinginnya, paling enggak 30-40 persen produsen lokal," paparnya.

(Baca: Gelar The Big Start Indonesia, Blibli.com Ingin UKM Indonesia Mendunia)

Kusumo menjelaskan, dalam rangka meningkatkan kapasitas maupun daya saing produk UMKM Indonesia pihanya menyelenggarakan program The Big Start Indonesia yang sudah berjalan ditahun kedua.

Adapun, The Big Start Indonesia merupakan sebuah kompetisi yang diperuntukkan bagi para creativepreneur muda Indonesia yang memiliki skala usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan memberi kesempatan bagi mereka untuk bisa menunjukkan produk kreatif terbaiknya serta mempersiapkan diri menuju era digital khususnya e-commerce.

Pada ajang kali ini Blibli.com telah mendapatkan 20 UMKM finalis setelah melalui tahapan penjaringan hingga seleksi dari 20.000 UMKM yang mendaftar program tersebut.

Para finalis akan melewati babak karantina di Jakarta mulai 5 sampai 19 Oktober 2017 dan akan dipilih tiga terbaik dengan hadiah total Rp 1 miliar.

Kompas TV Presiden Jokowi banyak memberi contoh konkret perubahan di era digital

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X