Ekonomi Indonesia Lebih Baik dari Brasil, Rusia, dan Afrika Selatan

Kompas.com - 11/12/2017, 18:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan kondisi perekonomian Indonesia masih lebih baik ketimbang negara anggota BRICS seperti Brasil, Rusia, dan Afrika Selatan.

BRICS merupakan akronim kelompok negara berkembang yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan South Africa atau Afrika Selatan.

"Pertumbuhan ekonomi kita, walaupun tidak terlalu tinggi, tapi termasuk tinggi di antara negara-negara besar di dunia. Artinya, begitu kita hitung China dan India, yang paling dekat langsung Indonesia," kata Darmin saat memberi sambutan di acara Seminar Nasional Outlook Industri 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2017).

Baca juga : Perbedaan Kondisi Ekonomi Indonesia Masa Kini Dibanding Orde Baru

Menurut Darmin, keunggulan kondisi perekonomian di Indonesia dibandingkan beberapa negara tersebut didasarkan pada sejumlah indikator, seperti tingkat pertumbuhan ekonomi serta transaksi berjalan.

Ditambah lagi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang dilihat dari kuartal III 2017 sebesar 5,06 persen, di mana angka pertumbuhan itu dinilai masih pada level aman.

"Memang China dan India yang tertinggi, setelah itu Indonesia. Negara lain merangkak di bawah," tutur Darmin.

Ke depan, Indonesia diyakini dapat menjaga momentum kondisi perekonomian lebih baik lagi. Pemerintah turut menargetkan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2018 mencapai angka 5,4 persen.

Selain dari indikator tingkat pertumbuhan ekonomi, pemerintah juga akan terus meningkatkan produksi industri dalam negeri. Juga turut menjaga tingginya angka ekspor dan investasi hingga konsumsi rumah tangga yang sebelumnya sempat mengalami perlambatan.

Kompas TV Laju Ekonomi 2017 di Kuartal I Tumbuh 4,9 Persen



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X