Menteri Rini Pakai Kereta Inspeksi 2 ke Indramayu

Kompas.com - 11/01/2018, 09:54 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno di dalam Kereta Inspeksi 2 di indramayu, Jawa Barat, Kamis (11/1/2018) KOMPAS.com/Yoga Hastyadi WidiartantoMenteri BUMN Rini Soemarno di dalam Kereta Inspeksi 2 di indramayu, Jawa Barat, Kamis (11/1/2018)
|
EditorAprillia Ika

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pada hari ini, Kamis (11/1/2018) menggunakan Kereta Inspeksi 2 dalam rangka melakukan kunjungan ke Indramayu, Jawa Barat.

Kereta Inspeksi 2 yang digunakan oleh Rini dan rombongan Kementerian BUMN merupakan hasil modifikasi dari kereta diesel milik PT KAI dan baru beroperasi pada 6 Januari 2018. Perjalanan ke Indramayu ini adalah perjalanan VIP perdana kereta tersebut.

PT KAI berencana membuat dua kereta inspeksi lainnya, sehingga total akan ada 4 kereta inspeksi. Keempatnya akan ditempatkan di Jawa dan Medan.

Saat dalam perjalanan, Rini sendiri sempat menceritakan niat kunjungan kerjanya ke Indramayu.

Baca juga : Menteri Rini Sebut Ada 13 BUMN yang Masih Rugi Tahun ini

 

Rencananya dia ingin mendorong kerja sama antara BUMN dengan Badan Usaha Milik desa (BUMDes) dan mewujudkan program kewirausahaan untuk petani.

Khusus untuk di Indramayu, BUMN yang dilibatkan dalam kerja sama dan program kewirausahaan tersebut adalah PT Telkom Indonesia.

"BUMN dan BUMDes bisa bermitra supaya BUMDes dapat melakukan manajemen yang lebih baik, dapat modal, dapat proses lanjutan," terang Rini.

Harapannya para petani bisa lebih sejahtera karena pendapatan mereka bisa bertambah. Lalu uang yang berputar di dalam desa pun diharap bisa semakin banyak sehingga memberikan multiplier effect pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca juga : Pemerintah Pusat Bentuk BUMN sebagai Holding BUMDes

Kompas TV Menteri BUMN Tinjau Layanan Pemudik di Pelabuhan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.