Trump: Jutaan Lapangan Kerja Tercipta, Pengangguran Berkurang - Kompas.com

Trump: Jutaan Lapangan Kerja Tercipta, Pengangguran Berkurang

Kompas.com - 01/02/2018, 08:00 WIB
Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato kenegaraan. Di belakangnya berdiri Wakil Presiden AS Mike Pence (kiri) dan Ketua DPR AS Paul Ryan (kanan) bertepuk tangan di majelis Dewan Perwakilan AS di Washington DC, pada Selasa (30/1/2018). (Win McNamee/POOL/AFP)Win McNamee Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato kenegaraan. Di belakangnya berdiri Wakil Presiden AS Mike Pence (kiri) dan Ketua DPR AS Paul Ryan (kanan) bertepuk tangan di majelis Dewan Perwakilan AS di Washington DC, pada Selasa (30/1/2018). (Win McNamee/POOL/AFP)

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato State of Union di Washington DC, Selasa (30/1/2018) waktu setempat atau Rabu (31/1/2018). Dalam pidatonya tersebut, Trump memaparkan berbagai capaian dan rencana pemerintahannya.

Salah satu hal yang disoroti Trump adalah terciptanya jutaan lapangan kerja di AS. Ini terjadi sejak dirinya memenangkan pilpres pada akhir tahun 2017 lalu.

"Sejak pilpres, kami telah menciptakan 2,4 juta lapangan kerja baru," ujar Trump seperti dikutip dari salinan pidatonya.

Dari angka tersebut, sekitar 200.000 merupakan lapangan kerja baru di sektor manufaktur saja. Selain itu, upah pun berhasil dinaikkan setelah bertahun-tahun mengalami stagnasi.

Baca juga : Trump Pamer Reformasi Pajak Terbesar Sepanjang Sejarah AS

Trump pun menyatakan bahwa angka pengangguran di AS menyentuh level terendah dalam 45 tahun.

Angka pengangguran warga Afrika-Amerika juga menyentuh rekor terendah, pun angka pengangguran warga Hispanik Amerika menyentuh rekor terendah dalam sejarah.

Tidak hanya itu, keyakinan pelaku usaha kecil juga menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa. Pasar saham AS mencatat rekor dengan valuasi mencapai 8 triliun.

"Ini adalah kabar baik bagi 401.000 rekening tabungan, pensiun, dan pendidikan tinggi warga AS," jelas Trump.

Baca juga : AS Potong Pajak untuk Kelas Menengah, Apa Dampaknya untuk Indonesia?

Ia juga menyebut raksasa teknologi Apple berkomitmen menciptakan 20.000 lapangan kerja baru di AS. Apple juga berkomitmen menanamkan investasi senilai 350 miliar dollar AS.

Kompas TV Reformasi pajak Amerika Serikat akan membuat dana dari negara berkembang ditarik untuk ditanam di AS.



EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X