Kompas.com - 28/02/2018, 14:35 WIB
Perry Warjiyo, Deputi Gubernur Bank Indonesia. KOMPAS/HERU SRI KUMOROPerry Warjiyo, Deputi Gubernur Bank Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo akan mengakhiri masa jabatannya pada bulan Mei 2018 mendatang.

Presiden Joko Widodo pun telah mengajukan nama tunggal calon pengganti Agus, yakni Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah mengungkapkan, Perry merupakan sosok yang sejak awal berkarier di bank sentral. Selain itu, Perry memiliki keahlian di bidang moneter dan memahami makroprudensial.

"Saya rasa (Perry) cocok (menjadi gubernur BI)," kata Halim di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Halim pun menuturkan, Perry pun memiliki pengalaman bekerja sama dengan berbagai instansi, baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, Perry juga dipandang memiliki integritas dan pengalaman tinggi.

Baca juga : Ekonom: Calon Gubernur BI Pilihan Jokowi Ahli Tangani Krisis

Perry menjabat sebagai Deputi Gubernur BI sejak 2013. Dalam jabatannya tersebut, Perry bertanggung jawab di bidang kebijakan moneter, internasional, statistik, pengelolaan devisa, pendalaman pasar keuangan, ekonomi dan keuangan syariah, BI Institute, dan kantor perwakilan BI di luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Perry menjabat sebagai Asisten Gubernur BI di bidang kebijakan moneter, makroprudensial, dan internasional.

Perry mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan akuntansi.

Ia melanjutkan pendidikan magister di Department of Economics, Iowa State University, AS dan pendidikan doktoral di Department of Economics Iowa State University dengan spesialisasi Moneter dan Ekonomi Internasional.

Kompas TV Presiden Joko Widodo hingga kini belum mengajukan nama kandidat pengganti Gubernur Bank Indonesia yang akan berakhir tahun ini.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.