Penguatan Harga Emas Diperkirakan Berlanjut hingga Juni

Kompas.com - 26/03/2018, 23:30 WIB
Ilustrasi harga emas. thinkstockphotosIlustrasi harga emas.

KOMPAS.com - Berbagai katalis positif dianggap masih akan menyokong penguatan harga emas.

Harga emas diyakini mampu melanjutkan tren positif pada kuartal II mendatang setelah pekan lalu berhasil melambung di tengah mencuatnya ketidakpastian geopolitik.

Analis PT Global Kapital Investama Berjangka Alwy Assegaf memperkirakan sampai pertengahan tahun ini, emas akan mengejar level 1.375 dollar AS per ons troi.

“Sampai Juni masih tetap bullish,” ujar Alwy seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin (26/3/2018.

Kata Alwy, meskipun saat ini harganya berada dalam fase terkoreksi, namun itu tidak akan berlangsung lama. Pekan depan, emas akan kembali pulih.

Baca juga : Dollar AS Menguat, Harga Emas Malah Redup

Menurutnya, cukup banyak sentimen positif yang bisa mendukung penguatan emas. Isu perang dagang tetap berpeluang melemahkan dollar AS, sedangkan isu kenaikan suku bunga The Fed sudah tidak lagi menjadi katalis negatif bagi logam mulia.

Bahkan, Alwy meyakini selama The Fed tidak mengubah kebijakannya untuk menaikkan suku bunga acuan lebih dari tiga kali, emas masih mampu terus melaju sampai akhir 2018.

Apabila pada kuartal II-2018 area 1.375 dollar AS per ons troi bisa ditembus, maka di penghujung tahun harganya bisa mencapai 1.400 dollar AS per ons troi.

Konsolidasi

Sementara itu Deddy Yusuf Siregar, analis PT Asia Tradepoint Futures menilai, memasuki kuartal II-2018, harga emas akan masuk wilayah konsolidasi.

Baca juga : Hubungan Saudi dan Iran Memanas, Prospek Emas Antam Masih Cerah

Pasalnya, sepanjang kuartal I, harganya masih belum menunjukkan reli bullish. Pergerakannya berada di kisaran 1.308 dollar AS-1.365 dollar AS per ons troi.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X