BI Diminta Yakinkan Masyarakat bahwa Rupiah Akan Menguat

Kompas.com - 25/05/2018, 10:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio meminta Bank Indonesia menjelaskan kondisi terkini nilai tukar rupiah.

Otoritas dan sejumlah ekonom mengatakan bahwa perekonomian Indonesia relatif stabil, tidak selemah yang dibayangkan. Bahkan cenderung masih kuat meski jatuh ke angka Rp 14.200 terhadap dollar AS.

Baca: Perry Warjiyo Prioritaskan Langkah Stabilkan Nilai Tukar Rupiah

"Kami harapkan otoritas moneter sekarang menunjukkan wibawa dan charmingnya. Berbicara pada publik dan masyarakat bahwa secara fundamental nilai rupiah tidak selemah sekarang," ujar Tito di Jakarta, Kamis (25/5/2018) malam.

"Tolong buktikan itu ke masyarakat," lanjut dia.

Selain itu, kata Tito, otoritas fiskal juga sebaiknya meyakinkan publik bahwa APBN kita cukup kuat ke depannya untuk membayar semua kewajiban utang. Gejolak di masyarakat diyakini akan mereda jika otoritas moneter bisa menjabarkan pada masyarakat seperti apa persisnya yang terjadi saat ini. Tak hanya sepintas saja.

"Kalau itu dilakukan, semestinya persepsi jelek mengenai kelemahan rupiah dan ketidakkuatan APBN akan hilang. Ini sebenarnya yang kita harapkan," kata Tito.

Selain itu, BI dan pemerintah juga harus optimistis bahwa di masa depan, nasib rupiah akan semakin baik. Bukan dengan memprediksi nilai rupiah bisa mencapai titik terlemah dibandingkan sebelumnya.

"Itu sama juga menganggap masa depan lebih buruk dari sekarang. Positif thinking, buktikan ke masyarakat bahwa masa depan lebih baik dari masa sekarang," kata Tito.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.