Kompas.com - 30/09/2018, 14:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca gempa 7,4 magnitudo di Donggala yang diikuti tsunami dan beberapa gempa susulan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan beberapa langkah upaya dan bantuan di sana.

Adapun langkah awal yakni pengamanan pasokan Bahan bakar minyak (BBM) oleh PT Pertamina (Persero) dan pemulihan pasokan listrik PT PLN (Persero).

"Menteri BUMN, Ibu Rini Soemarno, mendorong dan mengawasi gerak aktif dan cepat tanggap BUMN dalam setiap musibah."

"Sehingga penanganan pasca bencana yang melanda Donggala, Palu dan sekitarnya dapat berjalan efektif dan cepat," ujar Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal dalam keterangan resminya, Minggu (30/9/2018).

 

Pertamina

Mobil tangki Pertamina yang ditinggal di SPBU di Jalan Imam Bonjol, Palu, diserbu warga, Minggu (30/9/2018).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Mobil tangki Pertamina yang ditinggal di SPBU di Jalan Imam Bonjol, Palu, diserbu warga, Minggu (30/9/2018).
Berdasarkan informasi hingga saat ini, Terminal BBM Donggala mengalami kerusakan akibat gempa dan tsunami.

Beberapa sarana dan fasilitas (sarfas) seperti trestle (akses dari dermaga menuju TBBM) dan filling shed (tempat pengisian mobil tangki) mengalami kerusakan sehingga tidak dapat dilakukan kegiatan penyaluran BBM.

Akses jalan dari TBBM ke Palu dan Sulawesi Barat pun tidak dapat dilewati dikarenakan longsor dan kerusakan jalan.

Untuk itu, Pertamina telah menyiapkan rencana alternatif RAE (Regular, Alternative, Emergeny) untuk mengamankan pasokan energi ke Palu dan sekitarnya.

Baca juga: Warga Palu Serbu Mobil Tangki Pertamina yang Ditinggal di SPBU

 

Pasokan akan dilakukan melalui beberapa TBBM yakni TBBM Poso, TBBM Moutong, TBBM Toli-Toli dan TBBM Pare-Pare. Lokasi TBBM tersebut dipilih sesuai dengan kondisi jalur darat yang paling memungkinkan.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar industri, diutamakan pasokan kepada PLN agar bisa kembali mengoperasikan pembangkit listrik, juga kepada TNI dan Polri untuk operasional armada dalam penanganan bencana.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.