Tahun Depan, Waskita Karya Jual Sejumlah Ruas Tol Trans Jawa - Kompas.com

Tahun Depan, Waskita Karya Jual Sejumlah Ruas Tol Trans Jawa

Kompas.com - 04/12/2018, 05:05 WIB
Menteri BUMN Rini M Soemarno, Dirut PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, dan Dirut PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra saat melepas kegiatan ekspedisi Trans Jawa di Gerbang Tol Waru Gunung, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Senin (12/11/2018).PT Jasa Marga (Persero) Tbk Menteri BUMN Rini M Soemarno, Dirut PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, dan Dirut PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra saat melepas kegiatan ekspedisi Trans Jawa di Gerbang Tol Waru Gunung, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Senin (12/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya memastikan akan menjual sejumlah ruas tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Jawa. Rencananya hal itu baru akan dilakukan pada 2019.

"Trans Jawa itu ruasnya Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang. Jadi semua akan kita tawarkan," ujar Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra di Gedung DPR, Jakarta, Senin (2/11/2018).

Gusti mengatakan, pihaknya akan menawarkan ruas tol tersebut ke semua pihak yang tertarik dengan instruktur tol, tak hanya kepada BUMN lain yakni Jasa Marga.

Namun dia mengatakan, bila Jasa Marga menawarkan harga yang cocok, maka Waskita Karya sebagai developer proyek akan melepas ruas tol tersebut.

Baca juga: Waskita Karya Talangi Anggaran Pembebasan Lahan Tol Bocimi

"Kalau kami sih enggak cenderung ke siapa-siapa. Pokoknya siapa yang masuk harganya, karena sebelum penjualan itu kita minta izin ke kementerian, nanya legal juga opini dari stakeholder lain, BPKP BPK," kata dia.

Penjualan tol merupakan hal yang harus dilakukan oleh Waskita Karya. Sebab perusahaan karya itu tidak mungkin menjadi operator jalan tol.

Penjulan tol ke pihak lain juga sangat penting agar Waskita Karya memiliki modal untuk membangun jalan tol lainnya di daerah lain.

"Total 18 ruas yang akan dijual. Kami mau divestasi semua, cuma bertahap. Mungkin kombinasi, tapi itu kan teknis," ucapnya.



Close Ads X