Ini Taksiran Harga Motor hingga Ponsel di Pegadaian dan Pusat Gadai

Kompas.com - 30/05/2018, 11:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjamurnya perusahaan gadai swasta menambah semarak kompetisi usaha di bidang pergadaian, termasuk dengan PT Pegadaian Persero milik negara.

Apalagi, belakangan Otiritas Jasa Keuangan (OJK) gencar melakukan sosialisasi dan mendorong agar perusahaan gadai swasta mendaftarkan perusahaannya untuk mendapat izin usaha resmi.

Bagi perusahaan yang telah mengantungi izin, tentu akan berlomba menawarkan harga gadai terbaik dengan bunga bersaing.

Kompas.com akan membandingkan harga taksiran gadai antara PT Pegadaian Persero dengan Pusat Gadai Indonesia. Adapun barang yang akan dibandingkan yakni sepeda motor, laptop, dan ponsel.

Baca juga: Dari 600 Perusahaan Gadai, Baru 24 yang Berizin dan Terdaftar di OJK

1. Motor

Jenis motor yang akan dibandingkan nilainya adalah Honda Beat tipe CW keluaran tahun 2014/2015. Motor tersebut diserahkan beserta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) atas nama sendiri.

Pegadaian Persero membuka harga dari Rp 3-4 juta. Jumlah uang yang diberikan Pegadaian tergantung kondisi fisik motor dan mesinnya serta kelengkapan surat.

Sementara PGI memberi nilai maksimal Rp 2,5 juta. Sama seperti Pegadaian Persero, PGI juga akan menilai kelayakan motor dari segi fisik, mesin, dan kelengkapan surat. Semakin baik kondisinya, maia harga semakin tinggi.

2. Laptop

Jenis laptop yang akan dibandingkan merk Acer dengan prosesor Core i3. Pegadaian Persero maupun PGI tidak menerima prosesor keluaran lama seperti Core 2 Duo atau Dual Core.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.