Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Populer: Lion Group Pesan Mesin Pesawat Rp 182,4 Triliun, Daftar 27 Merek Makarel Kaleng Bercacing

Kompas.com - 30/03/2018, 07:21 WIB
Aprillia Ika

Penulis

KOMPAS.com - Moda transportasi udara menggunakan pesawat semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Penyebabnya, moda transportasi ini dianggap lebih cepat ketimbang moda transportasi darat dan laut.

Tidak heran juika jumlah penumpang pesawat untuk mudik Lebaran pun selalu bertambah. Catatan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyebutkan, pada 2016 lalu jumlah pemudik dengan pesawat udara 4,9 juta orang.

Di 2017, jumlahnya 5,4 juta orang atau naik 9,8 persen. Di 2018, diestimasi pertumbuhan jumlah penumpang juga akan berkisar 9,8 persen.

Peralihan penggunaan moda pesawat udara ini menurut Kemenhub merupakan pertanda bahwa masyarakat semakin sejahtera. Maklum, harga tiket pesawat bukannya murah.

Baca juga : Lion Air Group Berencana Datangkan 1.000 Pesawat Baru

Namun, kiprah low cost carrier atau penerbangan berbiaya rendah juga mendorong teradinya peningkatan jumlah penumpang pesawat terbang. Salah satunya adalah Lion Group.

Perusahaan tersebut terus menambah jumlah armada pesawat dan menambah rute penerbangan untuk memenuhi kebutuhan penerbangan berbiaya murah yang semakin diminati, dengan nilai yang besar. 

Lion Group berencana datangkan 1.000 pesawat baru yang pemesanannya akan selesai pada 2031 mendatang. Terakhir, Lion Group membeli 924 mesin pesawat dengan nilai Rp 182,4 triliun.

Baca juga : Indomaret Tarik Produk Makarel Kaleng Mengandung Parasit Cacing

Selain berita mengenai Lion Group, berita tentang produk ikan makarel kalengan dengan parasit cacing di dalamnya yang ditarik oleh BPOM juga disimak oleh pembaca Kompas.com.

Berikut lima berita populer di kanal ekonomi Kompas.com pada Kamis (29/3/2018) yang bisa Anda simak kembali pagi ini.

1. Lion Group Pesan 924 Mesin Pesawat Senilai Rp 182,4 Triliun

Lion Group mengumumkan pemesanan 924 unit mesin LEAP-1A dan LEAP-1B produksi CFM International untuk dipasang di armada pesawat miliknya.

President dan CEO Lion Group Edward Sirait merinci sebanyak 380 unit mesin LEAP-1A akan dipasang pada pesawat Airbus A320 Neo atau A321 Neo. Sedangkan LEAP-1B sebanyak 544 unit akan digunakan untuk pesawat Boeing 737 Max 9, Max 9, serta Max 10.

Pemesanan mesin itu dilakukan melalui Transportation Partners, perusahaan leasing milik Lion Group. Total nilai transaksinya mencapai 13,4 miliar dollar AS atau setara Rp 182,4 triliun.

Baca juga : Lion Group Pesan 924 Mesin Pesawat Senilai Rp 182,4 Triliun

2. Daftar 27 Merek Produk Makarel Kalengan yang Positif Terdapat Cacing

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM RI menarik total 27 merk produk ikan makarel kalengan dari pasaran, setelah hasil pengujian positif menunjukkan produk tersebut mengandung parasit cacing.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com