Sri Mulyani: Soal Freeport, Saya Tidak Mau Keluarkan Kalimat Apapun...

Kompas.com - 04/10/2017, 17:53 WIB
Sri Mulyani. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Sri Mulyani.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani masih menutup rapat perkembangan pembahasan divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia dengan Freeport McMoran.

Padahal beberapa waktu lalu, Bos Freeport McMoran Richard C Adkerson sudah menyatakan menolak skema divestasi saham yang ditawarkan pemerintah.

Hal itu terungkap setelah surat Adkerson kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto bocor ke publik.

"Kalau Freeport saya tidak akan mengeluarkan kalimat apapun karena sedang dalam proses negosiasi," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/10/2017).

(Baca: Surat Bos Freeport Beredar, Kemenkeu Tahan Komentar )

Kemarin, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution juga enggan mengomentari sikap Bos Freeport McMoRan Inc Richard C Adkerson yang menolak skema divestasi saham yang ditawarkan pemerintah.

Meski begitu, Darmin memastikan bahwa pemerintah bisa mengambil 51 persen saham Freeport tanpa skema initial public offering (IPO). Hal itu sekaligus menepis argumen Freeport McMoran.

(Baca: Pertanda Perundingan Pemerintah dan Freeport Akan Temui Jalan Buntu )

"Di dalam kontrak karya (KK) sebenarnya, yang namanya divestasi itu tidak dibilang pakai IPO," ujar Darmin di sela-sela acara Rakornas Kadin, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Diakui Darmin, sempat ada Peraturan Pemerintah (PP) yang membolehkan divestasi PT Freeport Indonesia dilakukan dengan skema IPO. Namun aturan itu sudah tidak berlaku.

"Nah itu pernah ada PP yang bilang pakai IPO boleh, tapi itu sudah di cabut," kata Darmin.

(Baca: Menko Darmin Tegaskan Divestasi Saham Freeport Bisa Dicomot Tanpa IPO)

Kompas TV Negosiasi antara pemerintah dan Freeport masih alot meski kesepakatan perubahan status dan divestasi saham sudah disepakati.

Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X