Menhub Usul Penumpang KRL Dialihkan ke KA Bandara, Ini Tanggapan Railink

Kompas.com - 06/04/2018, 12:40 WIB
Kepadatan arus penumpang Stasiun Duri pada Kamis (5/4/2018) KOMPAS.com/MUTIA FAUZIA Kepadatan arus penumpang Stasiun Duri pada Kamis (5/4/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Railink selaku anak usaha PT Kereta Api Indonesia (KAI) sekaligus operator kereta Bandara Soekarno-Hatta menyambut usulan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mengalihkan sebagian penumpang KRL Tangerang-Duri ke layanan KA bandara.

Budi mengusulkan hal tersebut sebagai solusi sementara mengatasi kepadatan di stasiun-stasiun lintas Tangerang-Duri.

"Kami sudah mendengar usulan tersebut, dan akan segera dirapatkan bersama PT KAI Daop (Daerah Operasional) 1, PT KCI (Kereta Commuter Indonesia), dan pihak terkait lainnya," kata VP Commercial Passenger PT Railink Fitri Kusumo Wardhani saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (6/4/2018).

Fitri mengungkapkan, rapat dengan pihak teknis terkait akan membicarakan langkah mewujudkan usulan itu, termasuk kriteria penumpang KRL yang bisa naik KA bandara dan bagaimana harga tiketnya nanti.

Baca juga : Menhub Usul Sebagian Penumpang KRL Tangerang-Duri Dialihkan ke KA Bandara

 

Adapun saat ini, harga tiket KA bandara dari Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya Rp 70.000, sementara dari Stasiun Batu Ceper ke Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya Rp 35.000.

Dari Railink turut menyertakan informasi bahwa KA bandara berbeda dengan KRL commuter line, di mana perbedaan paling terlihat pada posisi penumpang. Jika di KRL bisa berdiri, tidak demikian dengan KA bandara yang penumpangnya harus duduk di kursi yang telah disediakan.

"Usulan Pak Menhub ini sifatnya sementara, tidak untuk seterusnya karena ada langkah dan solusi lain untuk memaksimalkan layanan KRL commuter line yang sedang dikerjakan," tutur Fitri.

Satu rangkaian KA bandara terdiri dari enam gerbong, dengan kapasitas angkut 272 penumpang. Mulai awal April ini, frekuensi perjalanan KA bandara ditingkatkan dengan headwway 30 menit dan durasi perjalanan dari Sudirman Baru-Bandara Soekarno-Hatta 46 menit.

Baca juga : Ini Solusi Sementara Kemenhub untuk Masalah KRL Tangerang-Duri VS KA Bandara

Kompas TV Menhub menjelaskan, penurunan tarif terbesar adalah untuk kendaraan pengangkut logistik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X